TAHAPAN-TAHAPAN MENCUCI SENDIRI MESIN MOBIL
Tahap 1: Memilih
lokasi dan tempat mengerjakan.
Tempat yang terbaik adalah: teduh, terang, tidak banyak debu berterbangan, dan jauh dari sumber api, mengingat bahan pembersihnya merupakan cairan mudah terbakar.
Tahap 2: Persiapan.
Sebelum dicuci pastikan dulu, bahwa mesin mobil dalam keadaan dingin.
Tempat yang terbaik adalah: teduh, terang, tidak banyak debu berterbangan, dan jauh dari sumber api, mengingat bahan pembersihnya merupakan cairan mudah terbakar.
Tahap 2: Persiapan.
Sebelum dicuci pastikan dulu, bahwa mesin mobil dalam keadaan dingin.
Mesin mobil yang
masih panas, bilamana mengalami pendinginan mendadak, misal tersemprot air,
maka beberapa part dan komponen yang ada didalam/ jeroan engine akan
melengkung/ deformasi. Meskipundeformasi yang terjadi kecil, masih dalam
ukuran mikron, tetap saja hal ini berpotensi mengganggu kerja mesin. Bila Anda
menjumpai bunyi mesin berubah menjadi kasar setelah dicuci, itu tandanya
telah terjadi deformasi pada jeroan mesin mobil Anda.
Bungkus/ lindungi
part-part electrical dengan kantong plastik/ kresek dan diikat dengan karet
gelang untuk part dan komponen seperti di atas (berhuruf merah),
yaitu: modul ABS, electric fan engine & AC, aneka
konektor, kotak sekring & isinya, alternator dan yang paling
utama ECU (bila ada).
Alasi dulu lantai di bawah ruang mesin, dengan koran bekas di double. Hal ini dilakukan untuk menampung tetesan kotoran berminyak dan mempermudah membersihkan lantai kembali setelah pekerjaan selesai.
Korek dan bersihkan sampai lepas, semua kotoran: tanah, lempung, minyak, dll., yang menggumpal di sekujur mesin dan ruang mesin.
Tahap 3: Proses pencucian.
Hilangkan semua deposit kotoran bekas lelehan gemuk/ oli disemua bagian yang ada, termasuk yang menempel di kap mesin, ruang mesin dan mekanisme kunci kap mesin dengan minyak tanah/ engine degreaser. Gunakan sikat gigi bekas, kuas dan kuas bergagang panjang khusus untuk tempat-tempat tak terjangkau tangan. Setelah itu bilas semua sisa bekas minyak tanah/ engine degreaser dengan semprotan air secukupnya.
Alasi dulu lantai di bawah ruang mesin, dengan koran bekas di double. Hal ini dilakukan untuk menampung tetesan kotoran berminyak dan mempermudah membersihkan lantai kembali setelah pekerjaan selesai.
Korek dan bersihkan sampai lepas, semua kotoran: tanah, lempung, minyak, dll., yang menggumpal di sekujur mesin dan ruang mesin.
Tahap 3: Proses pencucian.
Hilangkan semua deposit kotoran bekas lelehan gemuk/ oli disemua bagian yang ada, termasuk yang menempel di kap mesin, ruang mesin dan mekanisme kunci kap mesin dengan minyak tanah/ engine degreaser. Gunakan sikat gigi bekas, kuas dan kuas bergagang panjang khusus untuk tempat-tempat tak terjangkau tangan. Setelah itu bilas semua sisa bekas minyak tanah/ engine degreaser dengan semprotan air secukupnya.
Pencucian sisi bawah
kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin:
Basahi sisi bawah
kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin dengan air.
Sabuni sisi bawah
kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin, secara merata.
Bilas busa sabun
di sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin, sampai bersih.
Pencucian mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin:
Basahi sekujur
mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin dengan air.
Sabuni sekujur
mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin, secara bersih dan merata.
Bilas busa sabun
di sekujur mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin, sampai bersih.
Pencucian radiator mesin dan AC:
Pencucian radiator mesin dan AC lumayan sulit, mengingat: radiator mesin dan AC diletakkan secara tandem. Selain itu harus membuka grill depan dulu dan proses membukanya juga bukan hal yang mudah. Harus penuh kehati-hatian, karena sistem pengikatnya rawan patah. Alhasil untuk pencucian radiator mesin dan AC ini cukup dihilangkan dulu kotoran yang menempel, misal: daun kering, serangga, dengan lidi panjang lalu diguyur dengan semprotan air secara merata ke seluruh bagian radiator..
Tahap 4: Proses akhir.
Mengeringkan bagian-bagian yang masih basah dengan lap katun bersih.
Menyemprot/ mengoles semua bahan yang terbuat dari karet dengan cairan silikon, biarkan sejenak agar bahan terserap, kemudian bersihkan bekas-bekasnya dengan lap katun.
Melumasi kembali bagian-bagian yang harus dilumasi, misal: mengoles tipis grease pada mekanisme kunci pembuka kap mesin.
Menyemprot semua karet belt dengan cairan belt dresser, selain untuk mengusir sisa air yang menempel, juga untuk memulihkan kekenyalan bahannya.
Melepas semua kantong plastik/ kresek dengan hati-hati, agar sisa air tidak menetes ke perangkat yang ditutupinya.
Check/ memeriksa secara menyeluruh bagain-bagian yang masih basah atau kurang bersih. Bila menjumpainya, maka keringkan atau bersihkan.
Setelah semuanya OK, hidupkan dan panaskan mesin untuk mengeringkan bagian-bagian tersembunyi yang masih basah.
Sambil menunggu pemanasan mesin, tarik dan buang alas kertas koran yang telah kotor dari kolong mobil. Kemudian bersihkan dan bereskan semua bahan pembersih dan alat serta peralatan bantu yang dipakai untuk dikembalikan ke tempatnya semula.
SELESAI.
Komentar
Posting Komentar