Pentingnya Ban Off-road Dalam Modifikasi


Bagi seorang off-roader istilah bagi pengemudi yang memiliki kecenderungan ‘lepas dari jalan’ konvensional dan ‘bertualang’ di jalan berbatu dan penuh lumpur ban off-road adalah
aksesoris mobil yang penting . Ban yang memiliki spesifikasi khusus yang dapat digunakan untuk off-road, bukan sembarang ban. Namun, tidak semua pengemudi mengetahui hal ini. Terutama bagi mereka yang jarang melakukan kegiatan off-road, akan merasa bingung dan bahkan tidak tahu kriteria-kriteria yang dibutuhkan sebuah ban agar dapat ‘keluar’ dari jalan raya.
Apa saja kriteria-kriteria yang menjadikan ban mobil menjadi layak disebut ‘ban offroad’?
Lalu, apakah ban-ban tersebut juga layak dipakai di jalan perkotaan? Dan tentu masih banyak
pertanyaan lain seputar kriteria-kriteria ban yang perlu anda ketahui sebelum membelinya.
Berikut adalah beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan dalam memilih aksesoris mobil
berupa ban untuk mobil off-road Anda.
Pertama, tentukan terlebih dahulu daerah yang akan dilalui seperti apa. Pengemudi yang baik
tentu mempelajari terlebih dahulu medan yang akan dilaluinya. Gali informasi sebanyak
mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan interpretasi peta, informasi dari off-roader terdahulu
yang pernah ke lokasi yang dituju atau membaca review dari sesama rekan-rekan off-roader
yang bisa didapat dari situs aksesoris mobil atau sumber-sumber lainnya.
Kedua, ada 3 hal yang paling penting dalam menentukan ban yang cocok, yaitu corak, konstruksi dan ukuran. Namun, sebenarnya, jenis ban cuma dibagi dua jenis yaitu crossply
dan biasply. Apakah crossply dan biasply? Perbedaan dari pemasangan kawat baja yang terdapat pada ban. Crossply adalah serat kawat baja yang tersusun tegak lurus terhadap arah gerak ban. Dan biasply adalah serat kawat yang terpasang pada ban sejajar dengan arah gerak ban. Dan disarankanoleh pakar, kendaraan offroad sebaiknya menggunakan biasply.barulah setelah mengertikonsep jenis ban off-road, kita akan membahas mengenai 3 hal yang menjadikan sebuah banlayak digunakan beroff-road-ria. Simak ulasan berikut:
1.      Corak ban
Corak ban berpengaruh kepada ‘cengkraman’ ban dan medan yang di lalui. Medan berpasir,
berlumpur, berbatu atau kondisi tanah lainnya akan mempengaruhi jenis corak pada sebuah
ban. Sebagai contoh, BF Goodrich Krawler cocok untuk medan berbatu dan di jalan raya
sedangkan BFG MT cocok untuk medan berlumpur, berpasir dan juga cocok untuk jalan biasa. Ada pula jenis swamper atau ban off-road untuk daerah berawa atau lahan gambut dan masih banyak tipe lain yang bisa dipilih sesuai dengan medan dan kebutuhan.
2.      Konstruksi
Dalam konstruksi ban, paling utama adalah mengenai plycord, telah dibahas sebelumnya
mengenai posisi serat kawat baja pada ban, tegak lurus atau sejajar. Plycord juga berpengaruh
terhadap manuver yang bisa lakukan kendaraan anda pada saat off-road. Manuver di tanah
berpasir akan berbeda dengan daerah berlumpur, maka dari itu, perhitungkan terlebih dahulu
mengenai kondisi tanah (telah dibahas di awal). Perhatikan pula konstruksi ban pada steel belt, karena bagian ini juga akan mempengaruhi kekuatan ban ketika sedang bergerak, menjaga ban dari benda-benda yang menusuk sehingga mencegah kebocoran.
3.      Ukuran
Ukuran ban tentunya besar, namun seberapa besar? Yang pasti perlu memenuhi kriteria ratio
maksimum lebar bibir velg berbanding lebar bibir velg. Dan selain ukuran, Load Index pun perlu diperhatikan, agar tidak kelebihan beban yang diterima oleh ban. Sekian sedikit ulasan
mengenai aksesoris mobil terutama mengenai ban off-road.
Semoga bisa membantu memberikan pandangan sebelum menggunakan atau membeli ban untuk kendaraan off-road.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Bikin Kanvas Kopling Awet