Pentingnya Ban Off-road Dalam Modifikasi
Bagi
seorang off-roader istilah bagi pengemudi yang memiliki kecenderungan ‘lepas
dari jalan’ konvensional dan ‘bertualang’ di jalan berbatu dan penuh
lumpur ban off-road adalah
aksesoris
mobil yang penting . Ban yang memiliki spesifikasi khusus yang dapat
digunakan untuk off-road, bukan sembarang ban. Namun, tidak semua pengemudi
mengetahui hal ini. Terutama bagi mereka yang jarang melakukan kegiatan
off-road, akan merasa bingung dan bahkan tidak tahu kriteria-kriteria yang
dibutuhkan sebuah ban agar dapat ‘keluar’ dari jalan raya.
Apa
saja kriteria-kriteria yang menjadikan ban mobil menjadi layak disebut ‘ban
offroad’?
Lalu,
apakah ban-ban tersebut juga layak dipakai di jalan perkotaan? Dan tentu masih
banyak
pertanyaan
lain seputar kriteria-kriteria ban yang perlu anda ketahui sebelum membelinya.
Berikut
adalah beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan dalam memilih aksesoris
mobil
berupa
ban untuk mobil off-road Anda.
Pertama,
tentukan terlebih dahulu daerah yang akan dilalui seperti apa. Pengemudi yang
baik
tentu
mempelajari terlebih dahulu medan yang akan dilaluinya. Gali informasi sebanyak
mungkin.
Hal ini bisa dilakukan dengan interpretasi peta, informasi dari off-roader
terdahulu
yang
pernah ke lokasi yang dituju atau membaca review dari sesama rekan-rekan
off-roader
yang
bisa didapat dari situs aksesoris mobil atau sumber-sumber lainnya.
Kedua,
ada 3 hal yang paling penting dalam menentukan ban yang cocok, yaitu corak,
konstruksi dan ukuran. Namun, sebenarnya, jenis ban cuma dibagi dua jenis
yaitu crossply
dan biasply.
Apakah crossply dan biasply? Perbedaan dari
pemasangan kawat baja yang terdapat pada ban. Crossply adalah
serat kawat baja yang tersusun tegak lurus terhadap arah gerak ban. Dan biasply adalah
serat kawat yang terpasang pada ban sejajar dengan arah gerak ban. Dan
disarankanoleh pakar, kendaraan offroad sebaiknya
menggunakan biasply.barulah setelah mengertikonsep jenis ban
off-road, kita akan membahas mengenai 3 hal yang menjadikan sebuah banlayak
digunakan beroff-road-ria. Simak ulasan berikut:
1.
Corak ban
Corak
ban berpengaruh kepada ‘cengkraman’ ban dan medan yang di lalui. Medan
berpasir,
berlumpur,
berbatu atau kondisi tanah lainnya akan mempengaruhi jenis corak pada sebuah
ban.
Sebagai contoh, BF Goodrich Krawler cocok untuk medan berbatu dan di jalan raya
sedangkan
BFG MT cocok untuk medan berlumpur, berpasir dan juga cocok untuk jalan biasa.
Ada pula jenis swamper atau ban off-road untuk daerah berawa
atau lahan gambut dan masih banyak tipe lain yang bisa dipilih sesuai dengan
medan dan kebutuhan.
2.
Konstruksi
Dalam
konstruksi ban, paling utama adalah mengenai plycord, telah dibahas sebelumnya
mengenai
posisi serat kawat baja pada ban, tegak lurus atau sejajar. Plycord juga
berpengaruh
terhadap
manuver yang bisa lakukan kendaraan anda pada saat off-road. Manuver di tanah
berpasir
akan berbeda dengan daerah berlumpur, maka dari itu, perhitungkan terlebih
dahulu
mengenai
kondisi tanah (telah dibahas di awal). Perhatikan pula konstruksi ban pada
steel belt, karena bagian ini juga akan mempengaruhi kekuatan ban ketika sedang
bergerak, menjaga ban dari benda-benda yang menusuk sehingga mencegah
kebocoran.
3.
Ukuran
Ukuran
ban tentunya besar, namun seberapa besar? Yang pasti perlu memenuhi kriteria
ratio
maksimum
lebar bibir velg berbanding lebar bibir velg. Dan selain ukuran, Load Index pun
perlu diperhatikan, agar tidak kelebihan beban yang diterima oleh ban. Sekian
sedikit ulasan
mengenai
aksesoris mobil terutama mengenai ban off-road.
Semoga
bisa membantu memberikan pandangan sebelum menggunakan atau membeli ban untuk
kendaraan off-road.
Komentar
Posting Komentar